0

TULISAN PENGANTAR BISNIS

Posted by Anita Riani Jarkasih on 02.31

Kewirausahaan dan Perusahaan Kecil 

      Kewirausahaan adalah proses mengidentifikasi, mengembangkaan, dan membawa visi ke dalam kehidupan.Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi resiko atau ketidakpastian. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.

      Kewirausahaan memiliki arti yang berbeda-beda antar para ahli atau sumber acuan karena berbeda-beda titik berat dan penekanannya . Richard Cantillon (1775), misalnya, mendefinisikan kewirausahaan sebagai bekerja sendiri (self-employment). Seorang wirausahawan membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang menghadapi resiko atau ketidakpastian. Berbeda dengan Cantillon, menurut Penrose (1963) kegiatan kewirausahaan mencakup indentfikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi sedangkan menurut Harvey Leibenstein (1968, 1979) kewirausahaan mencakup kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya Orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan disebut wirausaha.
      Ilmu kewirausahaan adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan (ability) dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai resiko yang mungkin dihadapinya (Suryana, 2001).

Cirri-Ciri dan Proses Kewirausahaan
  1. berfikir dan bertidak strategic, adaptif terhadap perubahan dalam mencari keuntungan termasuk yang mengandung resiko besar dan dalam mengatasi masalah.
  2. selalu berusaha untuk mendapat keuntungan melalui berbagai keunggulan dalam memuaskan pelanggan.
  3. berusaha mengenal dan mengendalikan kekuatan dan kelemahan perusahaan (dan pengusahanya) serta meningkatkan kemampuan dengan system pengendalian intern.
  4. selalu berusaha meningkatkan nkemampuan dan ketangguhan perubahan terutama dengan pembinaan motivasi dan semangat kerja serta pemupukan permodalan.
Proses kewirausahaan yang terdiri atas:
  1. factor-faktor pemicu kewirausahaan
  2. model proses kewirausahaan
  3. langkah menujua keberhasilan wirausaha
  4. factor penyebab keberhasilan dan kegagalan wirausaha, serta keuntungan dan kerugian wirausaha.
Pengertian Perusahaan Kecil

Perusahaan kecil adalah suatu organisasi yang beranggotakan sedikit orang yang memulai bisnisnya secara kecil-kecilan perusahaan kecil memiliki anggota yang sedikit sehingga dapat mengambil keputusan secara tepat.
Cirri-Ciri Perusahaan Kecil
  1. manajemen berdirir sendiri
  2. investasi modal terbatas
  3. daerah operasinya local
  4. ukuran secara keseluruhan relative kecil
Maka dapat disimpulkan perbedaan antara kewirausahaan dan perusahaan kecil adalah kewirausahaan adalah berbentuk seorang pemimpin yang mampu memimpin anggotanyan untuk mencapai tujuannya tersebut. Sedangkan perusahaan kecil berbentuk organisasi atau kelompok kecil.

Nama : ANITA RIANI JARKASIH
NPM : 20210892

0 Comments

Posting Komentar

Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive | Free Blogger Templates created by The Blog Templates